Panduan

Untuk para kolumnis dan calon kolumnis Gowesy:

Konten:

  1. Pada dasarnya ada banyak sekali yang bisa dituliskan mengenai bersepeda. Anda bisa mulai dan kembangkan dari banyak sisi seperti:
    • main interest: keamanan, keselamatan, kesehatan, lingkungan hidup, keragaman, kemandirian, dan lain sebagainya
    • sosiologi: personal, peer, keluarga, rukun tetangga, rukun warga, kecamatan, dsb
    • geografi: lokal, regional, nasional, global
    • demografi: Usia (balita, remaja, dewasa, manula, dsb), gender, profesi, ekonomi, bisnis, kondisi (difabel, nondifabel),
    • format: Album foto, statistik/data/ atau bahkan infografis, opini, laporan lapangan, dan lain sebagainya
  2. Momok bagi para calon kolumnis mungkin adalah ketika ada bahan tulisan yang overlap (membahas hal yang mirip, baik dari konten maupun sudut pandang), yang sebetulnya, bila masing-masing penulis bisa berkonsentrasi pada hal-hal biasa yang terdekat dengannya, kemungkinannya cukup kecil. Namun, bila anda mengharapkan semacam konfirmasi, atau update mengenai draft-draft tulisan yang akan dimuat, anda bisa layangkan email ke: fahmi.ilmansyah[ad]gmail[dot]com. Mohon berikan judul pendek: Gowesy Draft atau lainnya, otherwise it will automatically goes to our quite aggresive spam folder.

 

Styleguide:

  1. Mengingat sebagian besar orang menggunakan transportasi lintas moda: orang yang mengendarai mobil dan motor mungkin juga bersepeda di hari-hari tertentu, dan jarang sekali orang yang sepenuhnya bersepeda untuk semua tujuan, pertimbangkan untuk menggunakan peristilahan:
    • ‘Orang (atau orang-orang) yang bersepeda’ atau ‘Pengendara Sepeda’ (people/person who cycle), ketimbang ‘Pesepeda’ (cyclist/goweser).
    • ‘Pengendara motor’ ketimbang ‘motorist’ atau ‘biker’
    • dan lain sebagainya.
  2. Kita ada disini untuk menggenjot banyak hal dalam bersepeda, yang sebagian diantaranya begitu membingungkan sebagai akibat penggunaan berbagai kata-kata semacam “eco”, “green”, dan lain sebagainya. Jadi, kecuali memang tujuan tulisannya untuk mengkritik dan/atau memberikan masukan mengenai hal-hal ini, menaburkan banyak jargon mungkin hanya akan memberikan tulisan anda masalah.
Advertisements