Ngabisin Parkir

Bila ada orang yang ngomong bahwa bersepeda itu tidak bagus buat bisnis, menurut saya biasanya orang itu ngomong tidak dipikir dulu, purely emotional, atau lagi guyon. Coba saja pikir logika sederhana, salah satunya dalam konteks bisnis perparkiran dan/ atau aspek pemarkiran kendaraan di kompleks pertokoan ini:

Motorcycle parking is space efficient

Satu ruang yang dihabiskan untuk pemarkiran sebuah mobil bisa digunakan untuk memarkir maksimalnya 10 buah sepeda motor.  Dan bila tarif parkir paling murah untuk sebuah mobil Rp. 2000 dan sebuah sepeda motor Rp.1000 (which is sebetulnya tidak fair), pemarkiran 1 mobil hanya akan menghasilkan Rp. 2000, sementara 10 buah sepeda motor  Rp. 10.000. Bedanya jauh, sampai 5 kali lipat. Belum terhitung kemungkinan pemasukan yang muncul dari rotasi pergantian kendaraan bila sebagian dari mereka habis sebelum durasi parkir. 10 buah sepeda motor menghasilkan kemungkinan yang rotasi yang jauh lebih besar ketimbang satu mobil saja. Ini berarti ada kemungkinan pemasukan yang lebih banyak.

Dalam konteks bisnis dan ekonomi perparkiran, bisnis dan ekonomi perparkiran sepeda motor jauh lebih bagus ketimbang mobil. Dan ini karena mereka efisien. Membutuhkan ruang lebih sedikit.

Sepeda, sementara itu, bisa jauh lebih efisien lagi. Satu ruang tersebut di atas, bila digunakan untuk menyimpan sepeda, bisa untuk 15 atau bahkan 30 buah (bila dibuatkan rak bertingkat yang berbiaya rendah, karena masing-masing sepeda punya bobot sedemikiran ringan, bisa dilihat dari gambar di bawah ).

812edb926
Sumber: “What is the Economic Contribution of Cyclist Compare to Car Drives in Inner Suburban Melbourne Shopping Strips?” penelitian dari Alison Lee

 

cropped-bicycle-parking-lot-1931-cpmktr.jpg
Suasana di salah satu lahan parkir sepeda di tahun 1930-an

 

Dari situ saja total pemasukan bisa lebih besar.

Belum terhitung berbagai pengurangan biaya dan nilai tambah sehubungan dengan penurunan faktor resiko. Dari mulai biaya perawatan ruang, biaya kesehatan pekerja dan lingkungan yang lebih bersih, lebih minimal polusi suara dan udara, yang tentunya membuat bisnis lebih berkelanjutan dan bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Jadi, bilamana, atau jikalau, anda bertemu dengan orang yang mengutarakan bahwa bersepeda sehari-hari itu buruk bagi bisnis dan perekonomian. Santai saja. Ajak dia untuk menarik nafas. Buat dia lebih relax, kondisikan supaya rasionalitasnya lebih berperan.

Seharusnya, dalam kondisi itu dia bisa lebih ‘ngeuh. Bahwa orang yang belanja pake mobil itu nggak selalu belanja lebih banyak. Yang lebih pasti mereka lakukan adalah, ngabisin lahan parkir dan ngabisin ruang jalan.

Sori bro. Memang begitu kenyataannya.

~F~

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s